Transaksi Trade Expo Indonesia Tembus Rp87 Triliun, China Pembeli Terbesar - inews
Transaksi Trade Expo Indonesia Tembus Rp87 Triliun, China Pembeli Terbesar

JAKARTA, iNews.id - Trade Expo Indonesia - Digital Edition (TEI-DE) 2021 sejak dibuka pada 21 Oktober hingga ditutup pada 20 Desember 2021 membukukan transaksi sebesar 6,06 miliar dolar AS atau sekitar Rp87 triliun. Adapun pembeli dengan transaksi terbesar adalah China.
“Capaian ini sangat menggembirakan karena melampaui target transaksi yang telah ditetapkan sebelumnya sebesar 1,5 miliar dolar AS,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi saat menutup secara resmi TEI-DE 2021 di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (21/12/2021).
Dari capaian tersebut, nilai total transaksi buyer atau pembeli luar negeri tercatat sebesar 3,54 miliar dolar AS. Pembeli dengan nilai transaksi terbesar berasal dari lima negara, yaitu China dengan nilai transaksi 1,68 miliar dolar AS (27,8 persen), Mesir sebesar 560,2 juta dolar AS (9,24 persen), Brasil sebesar 285,8 juta dolar AS (4,71 persen), Jepang sebesar 252,6 juta dolar AS (4,17 persen), dan India sebesar 204,3 juta dolar AS (3,37 persen).
Adapun produk-produk yang berhasil menarik minat pembeli luar negeri pada TEI-DE 2021, yakni produk pertanian dengan nilai 792 juta dolar AS (13,06 persen), produk kimia sebesar 316,7 juta dolar AS (5,22 persen), minyak sawit sebesar 307,8 juta dolar AS (5,08 persen), produk herbal dan suplemen sebesar 300 juta dolar AS (4,95 persen), serta produk kertas dan kertas olahan sebesar 298 juta dolar AS (4,92 persen).
M Lutfi menuturkan, sampai hari terakhir penyelenggaraannya, TEI-DE 2021 telah dikunjungi oleh 32.030 pengunjung dengan total pendaftar sebanyak 8.220 pembeli dari 136 negara, terdiri atas 3.721 pembeli mancanegara dan 4.499 pembeli lokal.
"Hal ini tidak terlepas dari peran Perwakilan Perdagangan di luar negeri yang aktif mempromosikan TEI-DE melalui pendampingan buyer dalam mencari produk Indonesia, membuka help desk, dan mengadakan pertemuan bisnis," tuturnya.
Adapun pameran dalam TEI-DE tahun ini diikuti oleh 834 peserta pameran yang terbagi dalam delapan kategori produk, yaitu manufactured product; digital lifestyle & service; medical & healthcare; renewable energy; food & beverage products; living comfort & amenities; fashion & beauty products; dan halal product.
“Para peserta diharapkan terus menindaklanjuti kontak dagang yang terjadi selama TEI-DE berlangsung. Selain itu, perwakilan perdagangan di luar negeri juga akan terus mengawal tindaklanjut kerja sama yang terjalin antara para peserta pameran dengan buyer,” ujar M Lutfi.